You can replace this text by going to "Layout" and then "Edit HTML" section. A welcome message will look lovely here.
RSS

Rabu, 17 Oktober 2012

konsepsi ilmu budaya dasar dalam kesusastraan



konsepsi ilmu budaya dasar dalam kesusastraan
Pendekatan Kesusastraan
Sastra berasal dari kata castra berarti tulisan. Dari makna asalnya dulu,Sastra itu tulisan, sastra meliputi segala bentuk dan macam tulisan manusia. Contoh : surat-surat, undangan.
Kalau dalam budaya sastra biasa dibilang perasaan manusia,ekspresi,kesusastraan itu tulisan yang baik atau bagus dari segi bahasa. Karya sastra adalah alat komunikasi antara sastrawan dan masyarakat, karya sastra itu mengenai pemikiran, kisah dan amanat kepada pembaca. Manfaat sastra itu dapat membuat orang-orang yang membaca tulisan tersebut terhibur ketika orang membaca tulisan tersebut. Jadi kita tau apa yang ditulisan tersebut dalam karya. Kalau  Sastra itu juga termasuk dalam pendidikan dan sastra itu juga banyak terdapat nilai-nilai tradisi budaya bangsa, dan kalau kita ketahui karya sastra itu juga bisa meneliti keadaan social budaya masyarakat. Jadi kalau kita ambil kesimpulan budaya dan sastra itu tidak bisa dipisahkan karena dia menyatu, misalnya prosa ,prosa itu kan termasuk dalam sastra karena dia menceritakan tentang dongeng-dongeng, sejarah, cerpen, novel yang bisa membuat seseorang pembanya merasa sangat terhibur , karena sastra itu kan tulisan yang menghibur seseorang yang membacanya, puisi dan drama juga termasuk sastra karena dia juga mempunyai peran menghibur seseorang dan bisa membuat si pembacanya menjadi manusia yang baik, karena mempunyai nilai-nilai seni kehidupan. Jadi konsep ilmu budaya dasar dalam kesusastraan adalah kita bisa simpulkan dari budaya itu adalah hal yg turun menurun dan berfikir sedangkan sastra suatu tulisan yang membuat seseorang pembaca dan paham akan nilai-nilai seni yang termasuk sastra tak dapat dipisahkan karena mereka mempunyai arti penting dalam kesempurnaan manusia…
Masalah sastra dan seni sangat erat hubungannya dengan ilmu budaya dasar, karena materi-materi yang diulas oleh ilmu budaya dasar ada yang berkaitan dengan sastra dan seni.Budaya Indonesia sanagat menunjukkan adanya sastra dan seni didalamnya. Latar belakang IBD dalam konteks budaya, negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan masalah sebagai berikut :
1. Kenyataan bahwa bangsa indonesia berdiri atas suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yg tercemin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yg biasanya tidak lepas dari ikatan2 primordial, kesukaan, dan kedaerahan .
2. Proses pembangunan yg sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya .
3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan mausia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yg telah diciptakannya .
Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan
1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4. Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat,
budaya daerah dan budaya nasional
Ilmu Budaya Dasar Merupakan Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Dari Manusia. Unsur-unsur kebudayaan
1. Sistem Religi/ Kepercayaan
2. Sistem organisasi kemasyarakatan
3. Ilmu Pengetahuan
4. Bahasa dan kesenian
5. Mata pencaharian hidup
6. Peralatan dan teknologi

dan  dengan sedikit perubahan

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar