You can replace this text by going to "Layout" and then "Edit HTML" section. A welcome message will look lovely here.
RSS

Sabtu, 03 November 2012

manusia dan penderitaan



manusia dan penderitaan
Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan suatu yang tidak menyenangkan.penderitaan itu merupakan lahir dan batin. Penderitaan itu ada yang berat dan ringan, suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahgian.
Ø  Kekalutan mental (frustasi)
Gangguan kejiwaan akibat kemampuan seorang tidak dapat menghadapi masalahnya. Gejala-gejala permulaan bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental :
- Nampak jasmani yang sering pusing, sesak napas,demam, nyeri pada lambung.
- Nampak pada kejiwaan terlihat dalam kehidupan sehari-hari baik jasmani dan rohani
- mempertahankan diri dengan cara negative
Ø  Sebab timbulnya kekalutan
- Kepribadian yang lemah
- terjadi konflik sosial budaya
-cara pematangan batin
Proses-proses kelautan mental yang dialami seseorang mendorongnya kea rah :
.      Positif, trauma yang dialami dapat dilewati dengan baik untuk tetap survive menjalani hidup.
.      Negative, trauma yang dialami berlarut-larut sehingga dia mengalami frustasi, yaitu tekanan batin akibat tidak tercapainya apa yang diinginkan. Bentuk frustasi antara lain :
-          Agresi
-          Regresi
-          Fiksasi
-          Proyeksi
-          Identifikasi
-          Narsisme
-          Autism
Penderita kekalutan mental terdapat dalam lingkungan seperti :
1.      Anak-anak muda
2.      Kota-kota besar
3.      Wanita
4.      Orang yang tidak beragama
5.      Orang yang terlalu mengejar materi
Orang – orang yang biasanya mengalami frustasi
-        Orang tua                   : biasanya memikirkan keadaan ekonomi, mengahadapi anak yang selalu membuat orang tua malu
-        Karyawan / pegawai : yang selalu lembur tak ada istirahatnya tapi uang upahnya tak sesuai dengan kerjaan, mau habis kontrak / diturunkan jabatan, masalah produk yg selalu gagal , persaingan semakin ketat.
-        Remaja                        : memikirkan tugas yang numpuk ga kelar-kelar,pelajaran yang semakin lama semakin sulit, penampilan fisik  dan yang sering terjadi itu adalah masalah percintaan dengan pacar yang tak ada habisnya

kesimpulannya manusia pasti akan merasakan penderitaan baik yang berat atau pun ringan tak selamanya selalu bahagia,tapi semua itu mempunya macam solusi untuk mengatasi penderitaan, Suka maupun duka  haruslah dihadapi dengan kesabaran dan keikhlasan untuk menuju apa yang dinamakan kedewasaan. Percayalah bahwa seberat-beratnya cobaaan penderitaan yang diberikan tuhan tidak akan melampaui batas kemampuan. Penderitaan bersifat universal dapat datang kepada siapapun tidak peduli kaya maupun miskin, tua maupun muda. Penderitaan dapat muncul kapanpun dan dimanapun.
Manusia diciptakan sebagai mahluk yang paling mulia namun manusia tidak dapat berdiri sendiri secara mutlah. Manusia perlu menjaga dirinya dan selalu mengharapkan perlindungan kepada penciptanya. Manusia kadang kala mengalami kesusahan dalam penghidupanya, dan terkadang sakit jasmaninya akibat tidak dapat memenuhi penghidupanya.jadi manusia itu pasti akan mersakan penderittaan tapi kita selalu ingat bahwa allah tak akan menguji manusia melewati batas kemampuannya. Kadang kita dibawah dan kadang kita diatas begitulah kehidupan seperti bumi yang berputar mengikuti porosnya bergantian pagi siang dan malam.jadi manusia itu tak jauh juga dari penderitaan tapi tak selamanya manusia menderita kadang suatu saat penderitaan itu akan menjadi kebahagian manusia.

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar